Panda – Taksonomi, Morfologi, Habitat, Populasi, Sikap & Fakta Unik


Panda yakni mamalia dari keluarga beruang. Hewan asal Tiongkok ini memiliki ciri warna bulu hitam dan putih, serta bentuk lucu dan menggemaskan. Binatang ini sangat terkenal di dunia, bahkan menjadi ide beberapa tokoh film kartun, mirip Po pada karakter animasi Kung Fu Panda.





Meski termasuk keluarga beruang, namun hewan ini tidak mengkonsumsi daging atau karnivora. Makanan panda yaitu tanaman, terutama bambu. Selain itu, panda juga mengkonsumsi telur dan serangga sehingga masuk dalam klasifikasi omnivora.






Taksonomi





Dalam istilah latin, panda mempunyai nama Ailurpoda melanouela. Berikut yaitu pembagian terstruktur mengenai ilmiah binatang hitam putih lucu ini, adalah:





KingdomAnimalia
SubkingdomBilateria
InfrakingdomDeuterostomia
PhylumChordata
SubphylunVerterbrata
InfraphylumGnathostimata
SuperclassTetrapoda
ClassMammalia
SubclassTheria
InfraclassEutheria
OrderCarnivora
SuborderCaniformia
FamiliUrsidae
GenusAilurpoda
SpeciesAilurpoda melanouela




Morfologi





Tubuh panda berpostur gembul dengan warna bulu kombinasi hitam dan putih. Secara lebih lengkap berikut ialah ciri-ciri hewan asal Negeri Tirai Bambu ini, antara lain:





1. Bentuk dan Ukuran





Secara umum, panda bertubuh besar dan gemuk. Wajahnya berupa bundar serta ekornya pendek.





Ukuran tubuh panda akil balig cukup akal lazimnya sekitar 150 cm hingga 160 cm yang dijumlah dari ujung ekor sampai hidung. Sedangkan ukuran tangan dan kaki panjangnya sekitar 90 cm.





Bobot badan hewan ini mampu mencapai 150 kg untuk jenis kelamin jantan dan untuk jenis kelamin betina 10% sampai 20% lebih berat.





2. Warna Bulu





Ciri khas utama panda yakni warna rambut hitam dan putih. Warna bulu hitam terdapat pada sekitar tungkai, mata, telinga dan pundak. Sedangkan bagian lainnya berwarna putih.





3. Gigi dan Cakar





Mirip seperti kerabatnya beruang, satwa ini memiliki gigi taring besar. Gigi taring ini berguna saat panda menyantap bambu. Selain itu, binatang lucu ini juga memiliki gigi geragham dan gigi seri yang sangat kuat.





Tangan dan kaki panda masing-masing memiliki jari dengan cakar tajam dan berpengaruh.





Habitat dan Sebaran





Panda hidup di lingkungan hutan pegunungan beriklim sedang dan hampir keseluruhan asupan makanannya adalah bambu. Hewan menggemaskan ini berasal dari Tiongkok atau Cina, tepatnya dari kawasan hutan di pegunungan barat daya.





panda




Sedangkan di Indonesia dan negara-negara lainnya, panda umumnya hidup di kebun hewan. Salah satunya dipelihara di Taman Safari Bogor, Jawa Barat.





Status Kelangkaan dan Populasi





Menurut data dari IUCN (International Union for Conservation of Nature), binatang ini sempat mengalami kelangkaan populasi dan berstatus terancam puah. Namun pada tahun 2021, melalui aktivitas konservasi Tiongkok berhasil memajukan populasinya sehingga berstatus rentan.





Ancaman pada jumlah panda di alam liar yakni aktifitas perburuan liar, hilangnya habitat, perambahan hutan dan reproduksi yang terhambat di penangkaran. Saat ini diperkirakan 1.800 ekor panda hidup di alam liar dan 100 ekor hidup di kebun binatang di beberapa negara.





Tiongkok sebagai negara asalnya, saat ini tengah melakukan upaya pemeliharaan cagar alam, menciptakan hukum perburuan, serta tindakan lain semoga populasi panda tetap lestari.





Perilaku dan Cara Hidup





Jika umumnya hewan dari keluarga beruang melakukan hibernasi saat animo masbodoh, panda tidak melakukan itu. Akan namun, satwa ini akan turun ke tempat yang rendah selama demam isu cuek.





Panda tidak membuat sarang permanen, hewan ini tidur di pohon atau gua sehingga disebut binatang terestrial. Hewan terestrial yakni jenis hewan yang berkeliaran di darat dan merupakan binatang soliter atau penyendiri. Namun saat ekspresi dominan kawin, mereka akan mencari pasangannya.





Satwa hitam putih ini sangat lihai dalam memanjat serta mampu berlari cepat, rata-rata kecepatan lari seekor panda ialah 20 mil per jam dan ketika berlangsung umumsekitar 1,2 sampai 1,8 mil per jam. Selain itu, ternyata panda juga mempunyai kesanggupan berenang. Biasanya panda akan berenang ketika menyingkir dari bahaya yang ada di daratan.





Warna bulu hitam dan putih pada badan panda ternyata memiliki kegunaan untuk kamuflase. Dalam sebuah observasi lewat analisis foto, warna hitam membuatnya dapat berbaur dengan warna gelam dan batang pohon, sedangkan warna putih cocok dengan warna daun dan salju. Analisis foto panda dalam studi tersebut dikerjakan dengan mengamati gambar.





1. Reproduksi





Musim kawin panda terjadi antara bulan Maret hingga Mei. Pada ketika tersebut, betina akan mengalami estrus atau birahi selama 1-3 hari dan lazimnya terjadi penundaan implantasi selama 1,5 bulan sampai 4 bulan. Kondisi tersebut disebabkan oleh pengaruh iklim sehingga anak panda lahir pada kondisi lingkungan yang stabil.





Saat panda betina tengah birahi, dia akan menjadi kurang aktif, gelisah, kehilangan nafsu makan dan vulva membesar.





Biasanya anak panda lahir pada bulan Agustus sampai September. Seperti dengan beruang, anak tersebut lahir dalam kondisi buta dan tidak berdaya. Namun yang membedakan dengan jenis beruang, anak panda lahir dengan tubuh yang sudah ditumbuhi bulu tipis.





anak panda




Bobot anakan umumnya berkisar 85 gram hingga 140 gram. Induknya akan menyusui anakan sekitar 14 kali dalam sehari selama 30 menit.





Anak panda mempunyai kesanggupan menyaksikan pada usia 3 ahad dan masih tidak bisa bergerak sendiri hingga usia 3 atau 4 bulan. Anak tersebut akan disapih saat usianya menginjak 46 ahad.





Untuk panda yang hidup di penangkaran, biasanya condong sulit untuk meningkat biak sehingga menjadi tantangan yang cukup susah.





Usia keinginan hidup panda sekitar 34 tahun di penangkaran meski jarang terjadi. Umumnya usia maksimalnya hanya 26 tahun hingga 30 tahun. Sedangkan kalau hidup di alam liar, usia cita-cita hidupnya belum dimengerti.





2. Makanan





Satwa lucu ini memerlukan asupan energi yang besar, sehingga condong bergerak cuma untuk mencari makan. Saat makan, panda dapat menghabiskan waktu 10 jam sampai 12 jam per hari.





Sumber makanan utama panda adalah bambu. Komposisi bahan kuliner tersebut bahkan mencapai 99% dari total keseluruhan makanannya. Saat makan, posisinya tegak dengan kaki depan memegang batang bambu.





Dinding perut panda memiliki otot yang berpengaruh sehingga mampu mencerna makanan berbentukbambu. Selain itu, ususnya juga ditutupi oleh lapisan lendir tebal yang berkhasiat untuk melindungi dari kepingan bambu.





Disamping bambu, makanan lain hewan ini yaitu flora, buah, mamalia kecil, ikan dan serangga.





3. Peran Dalam Ekosistem





Panda berperan penting dalam menyebarkan benih bambu. Populasi panda di alam liar berbanding lurus dengan populasi bambu pada habitatnya. Bisa dibilang semakin banyak bambu, maka panda populasi panda akan tetap lestari.





Fakta Unik Panda





Melihat bentuk satwa lucu ini pasti membuat kita gemas. Berikut ini yakni keunikan dari panda yang sangat menawan, antara lain:





1. Satwa Lucu





Panda adalah satwa yang sungguh lucu. Bentuknya yang tambun dengan perut gendut, serta warna bulu hitam putih membuatnya makin menggemaskan.





Selain itu, tingkah laku seperti sering berguling-guling, bermain, sampai memanjat pohon juga disenangi banyak orang. Oleh karena itu, banyak mainan seperti boneka dibuat alasannya adalah memang mereka banyak penggemar dan peminatnya.





2. Tokoh Film Animasi





Selain diproduksi dalam bentuk boneka, binatang unik ini juga menjadi tokoh film ihwal hewan. Salah satu yang terkenal ialah Kung Fu Panda.





gambar kartun panda po




Film tersebut disenangi oleh banyak pemirsa di seluruh dunia alasannya adalah kisah yang menarik dan menghibur. Selain film itu, ada juga film lain seperti We Bare Bears, The Amazing Panda Adventure, Pandas, dan lainnya.





3. Nafsu Makan Besar





Panda menghabiskan banyak waktu kesehariannya untuk makan. Makanan utamanya yakni bambu. Setiap hari, hewan ini dapat mengonsumsi bambu sekitar 38 kg semoga keperluan energinya tercukupi.





Lebih mempesona lagi, satu pucuk bambu bisa dihabiskan dalam waktu 40 detik. Berbanding lurus dengan takaran makannya yang banyak, maka jumlah kotorannya pun mencapai 27 kg per hari.





4. Cepat Tumbuh





Anak panda yang berukuran kecil mampu tumbuh besar hanya dalam bertahun-tahun saja. Untuk mencapai berat 45 kg, cuma dibutuhkan waktu 1 tahun.





5. Enam Jari





Tangan panda memiliki jari berjumlah enam. Ada jempol pelengkap yang tumbuh berlawanan dengan lima jari yang lain. Jempol ini membantunya untuk memegang bambu dan membuang batan dan daunnya sebelum dikonsumsi.





6. Suka Tidur





Selain makan, keseharian satwa ini dihabiskan untuk tidur. Pola tidurnya dilaksanakan pada siang hari dibandingkan malam hari. Hewan lucu ini akan tidur 2 jam sampai 4 jam sehabis makan. Saat musim panas, mereka bahkan bisa tidur sampai lebih dari 6 jam.





Keunikan yang lain yakni posisi tidurnya yang unik. Hewan ini tidak acuh dengan posisi tidurnya, adalah tidur terlentang, menyamping, atau posisi perut meringkuk seperti bola.





7. Keluarga Beruang





Berdasarkan penjabaran ilmiahnya, panda masih dalam satu keluarga dengan beruang. Satwa ini tergolong beruang berukuran sedang. Dibandingkan dengan beruang yang lain, panda mempunyai kombinasi warna paling menawan dan kontras.


Comments

Popular posts from this blog

Siklus Nitrogen – Pemahaman, Proses / Tahapan & Acuan

Siklus Fosfor – Pemahaman, Proses Dan Keuntungannya

Misteri Suku Mante – Sejarah Orang Kedil, Asal, Ciri & Fakta